Tuesday, April 3, 2012

MANAJEMEN PEMASARAN

Definisi Pemasaran, Manajemen Pemasaran 

Pemasaran merupakan salah satu dari kegiatan pokok yang dilakukan oleh pengusaha mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang, dan mendapatkan laba. Pemasaran dikembangkan dari kata pasar yang berarti sarana atau tempat berkumpulnya orang yang terlibat dalam pemasaran, dalam pengertian abstrak pemasaran diartikan sebagai suatu kegiatan, proses atau system keseluruhan. Berikut ini Perpustakaan Online Blogger Indonesia (duniabaca.com) berbagi pengetahun tentang pengertian pemasaran dan pengertian menajemen pemasaran yang dikemukakan oleh beberapa pendapat para ahli, dimana dari pendapat-pendapat tersebut kita bisa menyimpulkan secara lebih spesifik mengenai definisi pemasaran dan definisi manajemen pemasaran.

Pengertian/Definisi Pemasaran.

Menurut Kotler (2000 : 4) pemasaran adalah sebagai suatu proses sosial dan manajerial dimana seseorang atau kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan usahakan melalui penciptaan, pertukaran yang dapat memenuhi kebutuhan, keinginan dan permintaan seseorang atau kelompok.
Sedangkan menurut Sofyan Assauri (2004 : 5) pemasaran adalah kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan melalui proses pertukaran. Dan menurut William J. Stanton dalam Basu Swasta (1998:179) pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang dan jasa untuk memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.
Selain itu menurut Philip Kotler (2001), pemasaran adalah kegiatan manusia yang bertujuan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia melalui proses pertukaran.
Pengertian tersebut dapat memberikan gambaran bahwa pemasaran merupakan proses pertemuan antara individu dan kelomok dimana masing¬masing pihak ingin mendapatkan apa yang mcreka butuhkan atau iginkan melalui proses menciptakan, menawarkan, dan pertukaran. Selain itu, pemasaran sebagai suatu sistem dari kegiatan yang saling berhubungan satu dan yang lainnya, yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan, dan mendistribusikan barang atau jasa kepada pembeli secara individual maupun kelompok pembeli. Kegiatan tersebut beroperasi dalam suatu lingkungan yang dibatasi sumber dari perusahaan, peraturan¬peraturan, maupun konsekuensi sosial perusahaan.
Dalam menjalankan kegiatan pemasarannya suatu perusahaan melakukan pengkoordinasian agar tujuan dan sasaran yang diharapkan dalam bidang pemasaran khususnya dan perusahaan umumnya dapat tercapai secara etektif dan efisien. Pengkoordinasian yang dapat menciptakan sinergi dilakukan dengan manajemen yang baik, yang dikenal dengan istilah manajemen pemasaran.

Pengertian/Definisi Manajemen Pemasaran.

Menurut Kotle dan Amstrong (2001:1) menyatakan Manajemen Pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli dengan sasaran demi mencapai tujuan organisasi.
Sedangkan menurut Sofyan Assauri (2004) Manajemen Pemasaran merupakan kegiatan menganalisis, merencanakan, mengkoordinasikan dan mengendalikan semua kegiatan yang terkait dengan perancangan dan peluncuran produk, pengkomunikasian, promosi dan pendistribusian produk tersebut, rnenetapkan harga dan mentransaksikannya, dengan tujuan agar dapat memuaskan konsumennya dan sekaligus dapat mencaapi tujuan organisasi perusahaan jangka panjang.
Dari pengertian tersebut dapat diartikan bahwa manajemen pemasaran suatu kegiatan menganalisis, merencanakan, mengkoordinasikan dan mengendalikan suatu kegiatan, yang terkait dengan perancangan dan peluncuran produk, promosi serta pendistribusian produk, dan menetapkan harga dengan tujuan agar dapat memuaskan konsumennya dan sekaligus dapat mencapai tujuan organisasi perusahaan dalam jangka panjang.



Pemasaran manajemen 

sebuah disiplin bisnis yang berfokus pada penerapan praktis teknik-teknik pemasaran dan manajemen pemasaran perusahaan sumber daya dan aktivitas. Manajer pemasaran sering bertanggung jawab untuk mempengaruhi tingkat, waktu, dan komposisi permintaan pelanggan diterima definisi istilah.Pada bagian, ini karena peran seorang Marketing Management dapat bervariasi secara signifikan berdasarkan bisnis 'ukuran, budaya perusahaan, industri dan konteks. Sebagai contoh, dalam sebuah perusahaan produk konsumen besar, manajer pemasaran dapat bertindak sebagai manajer umum secara keseluruhan nya produk ditugaskan.Perspect ini terdiri dari 5 langkah, dimulai dengan pasar & lingkungan penelitian. Setelah penetapan sasaran dan pengaturan strategi, mereka akan direalisasikan oleh bauran pemasaran pada langkah 4. Langkah terakhir dalam proses mengendalikan pemasaran.
Pemasaran strategi dan desain yang efektif, efisien biaya program implementasi, perusahaan harus memiliki laporan terperinci, pemahaman tujuan bisnis mereka sendiri dan pasar dimana mereka beroperasi. Dalam menganalisis isu-isu ini, disiplin manajemen pemasaran sering tumpang tindih dengan disiplin terkait perencanaan strategis.

Secara tradisional, pemasaran analisis terstruktur ke dalam tiga bidang: Customer analisis, analisis Perusahaan, dan Competitor analysis (apa yang disebut "3Cs" analisis). Baru-baru ini, hal itu telah menjadi mode di beberapa kalangan untuk membagi pemasaran ini lebih jauh ke lima tertentu "C": analisis Pelanggan, Perusahaan analisis, analisis Kolaborator, Competitor analysis, dan analisis Konteks industri.

Analisis departemen untuk mengembangkan diagram skematis segmentasi pasar, meruntuhkan pasar ke dalam berbagai kelompok konstituen pelanggan, yang disebut segmen pelanggan atau segmentasi-segmentasi pasar.

Marketing Management  

bekerja untuk mengembangkan profil rinci dari setiap segmen, berfokus pada sejumlah variabel yang mungkin berbeda di antara segmen: demografis, psikografis, geografis, perilaku, kebutuhan-manfaat, dan faktor lainnya mungkin semua akan diperiksa. Pemasar juga berusaha untuk melacak segmen 'persepsi dari berbagai produk di pasar dengan menggunakan alat seperti pemetaan persepsi.

Dalam analisis perusahaan, pemasar memahami fokus pada struktur biaya perusahaan dan posisi biaya relatif terhadap pesaing, serta bekerja untuk mengidentifikasi kompetensi inti perusahaan dan sumber daya kompetitif perusahaan berbeda.
Manajer pemasaran dapat juga bekerja sama dengan departemen akuntansi untuk menganalisis keuntungan perusahaan yang dihasilkan dari berbagai macam lini produk dan rekening pelanggan. Perusahaan dapat juga melakukan audit merek periodik untuk menilai kekuatan dari merek dan sumber-sumber ekuitas merek.

Kolaborator perusahaan juga dapat diprofilkan, yang mungkin mencakup berbagai pemasok, distributor dan mitra saluran lainnya, mitra patungan, dan lain-lain. Analisis produk komplementer juga dapat dilakukan jika produk tersebut ada.

Manajemen pemasaran menggunakan berbagai alat dari strategi ekonomi dan kompetitif untuk menganalisis konteks industri di mana perusahaan beroperasi. Ini termasuk lima kekuatan Porter, analisis kelompok strategis pesaing, analisis rantai nilai dan lain-lain tergantung pada industri, konteks peraturan mungkin juga penting untuk memeriksa secara rinci.

Dalam Competitor analysis, pemasar membangun profil rinci dari setiap pesaing di pasar, dengan fokus terutama pada kompetitif relatif mereka kekuatan dan kelemahan menggunakan analisis SWOT. Manajer pemasaran akan meneliti masing-masing struktur biaya pesaing, sumber keuntungan, sumber daya dan kompetensi, posisi kompetitif dan diferensiasi produk, tingkat integrasi vertikal, sejarah tanggapan terhadap perkembangan industri, dan faktor lainnya.

Pemasaran manajemen sering menemukan perlu untuk berinvestasi dalam penelitian untuk mengumpulkan data akurat yang diperlukan untuk melakukan analisis pemasaran. Dengan demikian, mereka sering melakukan riset pasar (secara bergantian riset pemasaran) untuk memperoleh informasi ini. Pemasar menggunakan berbagai teknik untuk melakukan riset pasar, tetapi beberapa yang lebih umum meliputi:

* Riset pemasaran kualitatif, seperti kelompok fokus
* Riset pemasaran kuantitatif, seperti survei statistik
* Eksperimental teknik seperti pasar uji
* Observasi teknik seperti etnografi (on-site) observasi

Manajer pemasaran dapat juga merancang dan mengawasi berbagai lingkungan intelijen kompetitif pemindaian dan proses untuk membantu mengidentifikasi tren dan menginformasikan analisis pemasaran perusahaan.

2 comments: